Media Dalam Public Relations

6:04 AM Public Relations 3 Comments


Media merupakan jalur terpenting dalam kegiatan PR. Media yang ada saat ini sangat bervariasi. Anda harus bekerja keras agar dapat mendorong media untuk memuat pendapat anda. Oleh karena itu, Anda memerlukan ‘cerita’ dan perlu dipikirkan secara tepat apa yang ingin anda lakukan dan ditujukan kepada pihak mana. Hal ini bertujuan agar terjadi hubungan yang baik dengan media. Untuk melakukan hal itu, Anda harus mengetahui sifat media tersebut. Ada beberapa media yang dapat dijadikan mitra untuk bekerjasama oleh PR, diantaranya sebagai tersebut:
1.      Pers,
2.      Broadcasting media (televisi dan radio),
3.      Film dokumenter dan visual aids,
4.      House Jurnals,
5.      Corporate Identity,
6.      Printed Material,
7.      Corporate Advertising,
8.      Sponsorship,
9.      Conferences dan Seminar,
10.  Exhibitions,
Menurut Kasali (1994), dalam memilih media yang dijadikan mitra untuk bekerjasama harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
1.      Siapa audience media tersebut?
2.      Berapa jauh jangkauan media?
3.      Dimana menjangkau audience-nya?
4.      Bagaimana kredibilitas dan keahlian wartawan media tersebut?
5.      Bagaimana kecepatan media menjangkau audience-nya?

Kepada Publik

Bila membandingkan media PR dan media iklan, akan muncul lima hal menarik:

1) Kampanye periklanan dan kampanye humas sama-sama bisa menggunakan berbagai macam media.

2) Para praktisi PR berhubungan dengan para editor, jurnalis, serta para produser TV dan radio, sedangkan para praktisi periklanan lebih banyak berhubungan dengan para manager iklan dari berbagai perusahaan, petugas iklan di media massa (radio, koran, televisi, majalah, dan sebagainya).

3) Iklan sifatnya jauh lebih komersial dibandingkan dengan PR.

4) Kampanye periklanan biasanya dilakukan terbatas pada media-media yang bisa diharapkan akan membuahkan hasil maksimal (misalnya lonjakan penjualan) dengan biaya serendah-rendahnya.

 Sedangkaan kampanye PR bersedia menggunakan media apa saja, asalkan bisa menjangkau sebanyak mungkin khalayak.


5) Tidak seperti dunia periklanan, dunia PR dapat menggunakan berbagai media khusus seperti jurnal-jurnal internal, buletin atau sekedar majalah dinding.

Artikel lain yang dapat kalian kunjungi (www.tips-indonesia.com)



Penulis            : Muhammad Yanuar Boni S
No Telp           : 081554623886


You Might Also Like

3 comments:

  1. Kang mau tanya, Kalau printed material itu seperti poster ?

    ReplyDelete
  2. Saya mau tanya,apa kelebihan dan kekurangan media dalam PR(HOUSE JURNAL,VIDEO,PERUSAHAAN,DAN LAPORAN ELEKTRONIK ?

    ReplyDelete
  3. Slot Machines & Casino Games
    If you want to 먹튀사이트 조회 play at a casino, you'll find 강원 랜드 칩걸 the slot machines that you've 해외에서 축구 중계 사이트 been waiting for. These 토토 가입 머니 machines offer you a 일본야구 분석 사이트 variety of games, with plenty of

    ReplyDelete